TentangProdi Farmasi

 

Program studi farmasi (PSFA) ITERA resmi berdiri pada 19 September 2017. PSFA ITERA berada di bawah Jurusan Sains. Sebagaimana Program Studi lainnya di ITERA, PSFA pada pendiriannya dan awal perjalanannya dibina oleh Institut Teknologi Bandung. Sejak pendiriannya hingga saat ini, PSFA telah banyak mengalami perkembangan. Berdasarkan keputusan 0323/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2019,  PSFA telah terakreditasi dengan predikat C. PSFA hingga saat ini telah menjalankan 5 tahun perkuliahan. Jumlah mahasiswa aktif saat ini adalah 730. PSFA sampai saat ini telah meluluskan 70 mahasiswa. Sebagaimana kebutuhan Lampung dan Sumatera, PSFA ITERA memfokuskan penyelenggaraan pendidikan farmasi pada bidang farmasi klinik komunitas dan bahan alam.

Lulusan PSFA ITERA diharapkan mampu mengenal berbagai produk farmasi dan alat kesehatan, berkontribusi aktif dalam penemuan dan pengembangan bahan obat dan sediaan obat tradisional, mengidentifikasi masalah terkait obat seperti dalam penyiapan sediaan, pelayanan produk, dan pemberian informasi, serta melakukan praktik layanan kefarmasian sesuai dengan dasar pharmaceutical care yaitu obat sampai ke penderita dalam keadaan baik, efektif dan aman .

Visi Prodi Farmasi ITERA

 

Terselenggaranya pendidikan farmasi yang unggul dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan SDM di bidangfarmasi klinik dan komunitas serta pengembangan potensi bahan alam di Sumatra.

Misi Prodi Farmasi ITERA

 
  • Menyelenggarakan pendidikan farmasi klinik dan komunitas serta pengembangan potensi bahan alam yang unggul, berkualitas dan relevan dengan tuntutan masyarakat serta berdaya saing internasional.
  • Menyelenggarakan penelitian yang kreatif, inovatif, kompetitif dan berkesinambungan dalam bidang farmasi khususnya untuk pengembangan potensi bahan alam dalam pelayanan kesehatan.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berdayaguna dengan memanfaatkan ilmupengetahuan dan teknologi di bidang farmasi.
  • Menjalin kemitraan dengan mitra strategis untuk melaksanakan tri dharma dalam lingkup nasional dan internasional, khususnya di Wilayah Sumatera atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan.

Tujuan Prodi Farmasi ITERA

 
  • Menghasilkan lulusan di bidang farmasi yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, danmampu bersaing secara nasional dan internasional sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, memperkaya, dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi
  • Memberi kontribusi pengembangan pendidikan tinggi farmasi di Indonesia yang deseminasinya melaluilulusan yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di Indonesia.
  • Menjadi program studi yang mampu berkontribusi dalam penguasaan farmasi klinik komunitas dan pencarian dan/atau pengembangan bahan obat serta sediaan obat dan obat tradisional yang aman, efektif,stabil, dan bermutu.
  • Menjadi program studi yang berperan aktif dan memiliki dampak yang positif dalam menerapkankeilmuan farmasi kepada masyarakat dan pengembangan profesionalisme di Indonesia.

Prospek LulusanProdi Farmasi

 
  • Industri Farmasi dan Makanan : Research and Development (RnD), Production, Quality Control (QC), Quality Assurance (QA), Product Planning and Inventory Control (PPIC), Marketing
  • Lembaga Pemerintahan : Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementrian dan Dinas Kesehatan, Pusat Kesehatan Masyarakat (PUskesmas), Prajurit Karir (PK) TNI/Polri, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
  • Pedagang Besar Farmasi (PBF)
  • Farmasi Komunitas (Apotek)
  • Farmasi Rumah Sakit
  • Laboratorium Klinik
  • Riset dan Pendidikan
  • Wirausaha

FasilitasProdi Farmasi

 

Kegiatan belajar mengajar di PSFA didukung dengan fasilitas e-learning dan fasililitas laboratorium yang terdiri dari Laboratorium Farmasetika dan Teknologi Sediaan Farmasi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fitokimia, Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi dan Laboratorium  Bioteknologi. Laboratorium di lingkungan farmasi dilengkapi oleh berbagai instrumen laboratirum, misalnya Tablet Compressor, Ultra Turax Homogenizer, Dissolution Tester, Hardness Tester, Spektrofotometer UV-Visible, High Performance Liquid Chromatography, Freeze Dryer, Destilation Set dan Rotary Evaporator.