Categories
Uncategorized

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dalam Penelitian dan Pendidikan

Jumat, 30 Desember 2022, Pusat Riset Pengembangan Pati Agroindustri, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lampung Tengah, melakukan kunjungan ke ITERA. Dalam kunjungan ini, hadir pula Ketua Kelompok Riset Pengembangan Pati Agroindustri, Bapak Dr. Bambang Triwiyono, M.Sc. Kunjungan ini merupakan tahap lanjutan dari kerjasama yang sebelumnya ditelah dijalin antara BRIN dan ITERA yang telah menghasilkan MoU. Dalam kunjungan ini, dilakukan diskusi untuk membahas bentuk-bentuk kerjasama yang akan dijalin antara Pusat Riset Pengembangan Pati Agroindustri dengan beberapa Program Studi di ITERA, yaitu Program Studi Farmasi, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Kimia dan Teknologi Pangan.

Diskusi antara Pusat Riset Pengembangan Pati Agroindustri BRIN dan Program Studi Farmasi, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Kimia dan Teknologi Pangan ITERA.

Dari diskusi yang diselenggarakan, disepakati bahwa kerjasama akan dijalin baik dalam bidang Pendidikan maupun Penelitian. Dalam bidang pendidikan, kerja sama akan dijalin dalam bentuk kolaborasi pembimbing untuk pelaksanaan tugas akhir serta penyediaan kesempatan kerja praktek/magang. Dalam bidang penelitian, akan dijalin kerjasama dalam bentuk kolaborasi riset dengan topik pengembangan industri, pengembangan produk paska panen dan penguatan nilai produk.

Selain itu, dalam kesempatan ini, BRIN juga melakukan sosialisasi mengenai program BARISTA (Bantuan Riset bagi Talenta Riset dan Inovasi) dan ELSA (E-Layanan Science). Program BARISTA merupakan program pemberian bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir dalam pelaksanaan tugas akhir berbasis kerja sama riset di unit kerja lingkungan BRIN. Sedangkan, ELSA merupakan program pelatihan yang diberikan untuk peningkatan kompetensi SDM di bidang iptek. Layanan pelatihan ELSA dapat diakses melalui laman https://elsa.brin.go.id.

Kunjungan Pusat Riset Pengembangan Pati Agroindustri BRIN ke ITERA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *