Senin (9/9/2019), Program Studi Farmasi berkunjung ke Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Lampung. Dalan kunjungan ini diikuti sebanyak 107 mahasiswa dan didampingi 7 dosen Prodi Farmasi ITERA. Setibanya di BBPOM, rombongan Prodi Farmasi ITERA disambut oleh Kepala Bidang Infokom BBPOM Lampung Drs. Zamroni, Apt. beserta staf jajarannya.

Tujuan diadakannya kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan mahasiswa Prodi Farmasi ITERA tentang ruang lingkup pekerjaan kefarmasian di bidang pemerintahan, khususnya di bidang pengawasan obat dan makanan. Koordinator Program Studi Farmasi, Sudewi Mukaromah Khoirunnisa, M.Sc., Apt. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut kerjasama antara Prodi Farmasi ITERA dan BBPOM Lampung. Melalui kunjungan ini, diharapkan mahasiswa Prodi Farmasi ITERA dapat lebih mengenal seacara langsung ruang lingkup praktek kefarmasian di bidang pemerintahan khususnya terkait pengawasan obat dan makanan, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih dari sekedar teori yang dapatkan di perkuliahan.

Bapak Drs. Zamroni, Apt. selaku Kepala Bidang Infokom BBPOM di Lampung menyatakan siap untuk membantu Program Studi Farmasi ITERA dalam bidang pendidikan. Selain itu, dalam sambutannya beliau juga menyampaikan BPOM masih sangat membutuhkan lulusan farmasi di bidang pemerintahan khususnya di BPOM yang mayoritas latar belakang pendidikannya merupakan farmasi. BBPOM juga berpesan agar mahasiswa Prodi Farmasi ITERA terus berkontribusi serta berperan aktif dalam pengabdian masyarakat di Lampung terutama dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap keamanan obat dan pangan.

Pada kunjungan ini, mahasiswa Prodi Farmasi ITERA mendapatkan materi tentang profil BBPOM di Bandar Lampung, hasil pengawasan pangan, obat, obat tradisional dan kosmetik serta paparan tentang pemberitaan hoaks mengenai obat dan makanan yang beredar di media sosial. Selain paparan materi, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkeliling melihat peralatan dan laboratorium yang ada di BBPOM Bandar Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *